Travelblog.id dan Obsesi Candi

Candi Borobudur, candi yang sering
saya kunjungi. Saya ingin yang lain!
Kali ini saya hampir menjadi Sandi Yudha dalam kisahan apik Manjali dan Cakrabirawa karya mbak Ayu Utami. Obsesinya terhadap candi melebihi obsesinya terhadap Marja, kekasihnya sendiri. Ia meyakini setiap candi memiliki jimat yang pantas diburu hingga gila.Untungnya, kekaguman saya terhadap candi hanya sebatas obyek wisata edukatif.  Candi merupakan artefak kuno saksi kemahiran nenek moyang kita menggabungkan spiritual dan seni kemudian menuangkannya ke dalam pahatan patung serta relief.  Borobudur? Prambanan? Ah, kedua candi itu sudah berapa puluh kali saya kunjungi. Letaknya tidak jauh dari rumah. Saya ingin yang lain.


Tak Hanya Menyajikan Informasi Obyek Wisata Mainstream

Patung Budha di dalam Candi Mendut
           Saya bertanya ke mas google. Perhatian pun tertuju kepada salah satu travelblog.id: Latar Belakang Candi Arjuna Yang Meneduhkan Hati oleh Nania Qianara. Penulis memberi ulasan  seputar candi hindu pertama di pulau Jawa itu. Lalu tentang  ritual memotong rambut gimbal yang dilakukan oleh penduduk lokal. Bahkan lengkap dengan peta dan cara menuju kesana pun dijelaskan.                Rupanya tak hanya tentang candi Arjuna di Dieng saja yang diulas. Ada candi Hindu di Jawa Barat yang harus dicapai dengan menyeberangi situ yang bernama situ Cangkuang. Candi itu pun bernama candi Cangkuang. Sama dengan artikel sebelumnya, karya tulis populer Amos Ursia ini juga dilengkapi bagaimana mencapai lokasi situs dan peta.Saya pun mengetahui  dua artikel ini merupakan bagian dari rubrik Seni dan Budaya dalam travelblog.id. Masih ada banyak lagi rubrik lain. Seperti rubrik Jalan Jalan yang berisi pilihan destinasi menarik.

Informasi Obyek Wisata Kuliner
            Rubrik Kuliner. Dalam rubrik ini, saya bisa menemukan berbagai tujuan wisata kuliner. Isinya tak jauh dari makanan lezat tentunya. Juga unik. Seperti Tahu Tauhid (hah?!). Ya, pesona kuliner dari Lembang Jawa Barat ini menarik untuk dicicipi. Selain itu, saya menemukan informasi kafe-kafe unik, seperti kafe cool yang sangat cocok untuk kawula muda. Lalu kafetaria di Bandung yang memiliki tempat parkir vertikal seperti di Amerika dan Jepang sana.  

Menu Tips dan Trik Berwisata 
Para Biksu kadang muncul
di kompleks wihara candi Mendut

          Isi Travelblog.id tak habis-habisnya membuat saya penasaran. Seperti candi-candi yang membuat saya selalu penasaran untuk mengunjungi. Lalu mengungkap apa saja kisahan dalam reliefnya. Apa saja isi artikel di rubrik-rubrik selanjutnya. Tips dan Trik. Rubrik ini berisi tentang cara-cara jitu dalam menikmati obyek wisata. Misalnya, cara menikmati kemegahan candi elok bak di negeri dongeng di Borobudur. Rupanya, kita musti membeli paket golden sunrise dan harus bangun pagi pagi untuk mengakses candi sebelum jam 05.30 pagi. Selain itu, masih ada tips dan trik sangat berguna lainnya untuk disimak di Tips dan Trik Travelblog.id.        

Kesempatan Bagi Yang Suka Menulis    
        Setelah selesai liburan, kalian dapat membuat catatan liburan dan dirangkai menjadi sebuah artikel traveling menarik. Travelblog.id akan sangat senang menerima tulisan dan mempublikasikannya jika memennuhi syarat. Cukup mengirimkannya ke alamat e-mail : contact@travelblog.id. Sungguh menarik Travelblog,id ini. 
              Wah, sekarang saya tak hanya terobsesi sama candi seperti Yudha si tentara di novel Manjali dan Cakrabirawa karya Ayu Utami. Saya terobsesi berwisata. Agar saya bisa mengenali negeri ini. Agar saya bisa tahu siapa nenek moyang saya. Agar saya tau kehebatan mereka di masa lalu. Agar saya menemukan jati diri. Agar saya bisa merangkumnya ke dalam tulisan dan mengirim ke travelblog.id kelak.            Terimakasih Travelblog.id.

Comments

  1. Makasih atas infonya... kalo taman taman tematik ada info nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo wisata tematik ada si : https://www.travelblog.id/3-wisata-kampung-tematik-dekat-stasiun-kota-malang-bisa-ditempuh-hanya-dengan-jalan-kaki/

      Delete
  2. Wah skrg jd lebih mudah ya klu mau traveling?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya ... jangan lupa tidak hanya traveling, kita juga bisa bikin mengirimkan ke travel blog.id artikel tentang perjalanan yang mungkin akan sangat membantu traveller lainnya ...

      Delete

Post a Comment

Paling Sering Dibaca

Intermezo: Permintaan Para Publik Figur Saat Menginap di Hotel

Gak Buang Sampah atau Segera Mati?!