5 Lowongan Kerja Pariwisata Lulusan SMA Berpenghasilan Tinggi



           
Lulus SMA bukan berarti tidak memiliki peluang mendapatkan penghasilan yang tinggi. Selama kerja di Pariwisata, saya mendapati bahwa teman-teman yang lulusan SMA sekalipun memiliki gaji yang tinggi. Bukan berarti pendidikan tinggi tidak diperlukan. Namun, setidaknya beberapa pekerjaan ini bisa dilakukan untuk mendapatkan biaya melanjutkan pendidikan lebih tinggi.
Lulus SMA, kuliah sambil kerja, setelah lulus baru lamar di Accor
sumber: Accorjobs.com

1.     Bellboy
Pekerjaan ini selain gaji pokok juga mendapatkan tambahan penghasilan. Biasanya tip. Semakin berkelas hotel tersebut, peluang mendapatkan hasil bulanan tinggi pun semakin banyak. Tetapi biasanya saingan juga banyak. Jadi, kemampuan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya akan menjadi nilai tambah.
Secara garis besar, ada empat golongan bellboy. Trainee: biasanya mendapat uang saku sesuai kemampuan pihak hotel dan tip dari tamu saja. Daily worker: mendapatkan upah yang besarnya dihitung berapa hari bekerja dan tip dari tamu. Apprentice: mendapatkan upah sesuai basic sallary  dan tip dari tamu. Bellboy staff: mendapatkan gaji pokok, uang transport, asuransi kesehatan, uang jasa dan tip dari tamu. Yang terakhir, termasuk jenis yang langka. Sebab hanya hotel besar saja yang langsung memberikan status staff pada bellboy. Biasanya dilakukan oleh hotel yang baru mau buka.

2.     Restaurant Waiter
Pelayan restaurant hampir sama dengan bellboy. Bedanya pekerjaan ini dilakukan di restaurant. Ada yang trainee, daily worker, apprentice dan juga staff. Hanya saja, pengetahuan tentan menu makanan sangat diperlukan oleh waiter sebab sering tamu menanyakan menu-menu makanan yang asing bagi mereka.
Untuk yang belum berpengalaman, lowongan  dari Ossotel Bali Legian ini dapat dicoba. Syarat-syaratnya bisa dilihat di situs HHRMA Bali.

3.     Housekeeping
Tidak jauh berbeda dengan bellboy dan waiter, sebuah hotel juga memiliki beberapa houskeeper dengan banyak status. Ada daily trainee, daily worker, apprentice dan staff yang tersebar di dua area: Room, Public Area, dan order taker. Bagian Room adalah lahan basah, sebab selain penghasilan tetap, seorang staff housekeeping bisa mendapatkan tip dari tamu. Untuk yang belum punya pengalaman di bidang housekeeping, lowongan trainee housekeeping dari hotel Fave Kuta Square ini bisa dicoba.

4.     Guide
Yes. Guide atau pemandu wisata tidak memerlukan lulusan S1 bahkan S2 sekalipun. Namun jam terbang alias pengalaman. Semakin berpengalaman, semakin banyak jaringan pertemanan, semakin besar peluang mendapat penghasilan tinggi.
Contoh, saat saya menghubungi beberapa travel agent.
Saya:  Selamat siang, perkenalkan saya, Helmi. Apakah membutuhkan pemandu berbahasa prancis?
Staff : Oh, kita sedang membutuhkan sekali.
Saya: Wah boleh, dong.
Staff: Sebelumnya pernah guiding dimana?
Saya: Di sebuah travel agent di Jogja. Tapi udah hampir sepuluh tahun yang lalu. Namanya....
Lalu mulailah percakapan. Rupanya sang staff kenal dengan staff agent di Jogja. Percakapan pun diakhiri dengan job sebagai guide.  Itulah pengalaman. Sangat berharga. Carilah pengalaman selulus SMA.
Selain itu, kita perlu menguasai bahasa Inggris. Terutama bahasa inggris untuk percakapan. Karena tidak mungkin menjelaskan tentang sebuah obyek wisata dengan bahasa kalbu, kan?
Menguasai bahasa asing selain bahasa inggris akan sangat membantu. Lihatlah statistik bps wisatawan asing di Indonesia. Mereka banyak yang tidak berbahasa inggris. Ada orang China, orang Jepang, Korea, Prancis, Belanda, Rusia, Jerman, Spanyol.
Kisah almarhum paman saya yang lulusan SMA bisa jadi contoh. Selulus SMA beliau tidak tahan menganggur di rumah. Pergaulannya dengan sopir bus membawanya jalan-jalan ke Jakarta, Bali, Surabaya dan banyak kota lain di Indonesia. Lalu berkenalanlah beliau dengan banyak orang, akhirnya karirnya naik menjadi seorang kondektur bus pariwisata. Mengantar turis Belanda kesana-kemari membuatnya harus sering bercakap dengan mereka. Beliau membeli ndas Bahasa Belanda. Sedikit demi sedikit, bahasa belanda pun dikuasai. Akhirnya beliau menjadi seorang Guide.  Penghasilannya cukup besar saat itu. Beliau bisa membangu sebuah rumah dan membiayai anak istri.
Untuk saat ini, penghasilan sebagai guide masih menjanjikan. Selain bayaran dari kantor,  seorang guide juga mendapatkan uang kaget. Uang kaget ini berupa sisa biaya operasional, tip dari tamu, dan uang komisi dari galeri maupun outlet-outlet saat tamu berbelanja. Seorang Guide bercerita pernah mendapatkan komisi 6 juta rupiah dalam seminggu di luar bayaran pokok sebagai Guide.
Ada beberapa travel agent yang bisa anda lamar : Panorama DMC, Smailing Tour, Exotissimo Travel, Asian Trails dan banyak lagi.

5.     Driver
Jika anda memiliki mobil yang bisa ditumpangi empat orang dewasa, anda termasuk orang beruntung walaupun lulusan SMA. Sekalipun tidak memiliki, anda tetap beruntung. Anda  bisa belajar dengan siapapun untuk bisa mengemudikannya. Jadilah Driver!
Sama halnya dengan Guide, penguasaan bahasa inggris pun bahasa lain akan menambah peluang  untuk berpenghasilan tinggi. Bahasa tarzan pun jadi. Sebut saja Ahmad. Ia belumlah lulus Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata. Berbekal ijazah SMA dan SIM  ia nekad melamar di sebuah hotel bintang lima di Sawangan, Nusa Dua sebagai belldriver. Namun, petugas keamanan bilang driver berasal dari jasa tranport rekanan. Tidak putus asa, Ahmad mengetik nama jasa transport tersebut. Lalu dapatlah ia pekerjaan sebagai driver sebuah jasa transport yang memiliki kerjasama dengan hotel bintang lima tadi. Penghasilan bulanan berupa gaji, tip dan komisi dari outlet kalau tamunya berbelanja. Karena hotel bintang lima, tamunya juga berasal dari kelas atas. Belanjanya juga di outlet kelas atas. Menurut pengakuan Ahmad, ia pernah mendapat komisi sampai 40 juta rupiah. Masih meremehkan pekerjaan sebagai sopir?

Lowongan driver dari situs HHRMA Bali:
Driver/ Tour Driver
Sanur House
Sanur House is looking for:
Driver/ Tour Driver
Requirement to be considered are:
·        Minimum 2 years experience in boutique hotels, private villas or similar
·        Hand on individual with “can-do” attitude
·        Proficiency in English communication
·        Candidate must have commitment, responsibility, dedication and ownership as their personal values
·        Energetic individuals with a cheerfull personality
Please  send your application to:
Sanur House
agata@ sanurhouse.com
 sumber: HHRMA Bali.

Nah, demikian sedikit ulasan saya mengenai lowongan kerja lulusan SMA berpenghasilan tinggi di dunia pariwisata. Biarpun lulusan SMA, asal mau belajar  dengan sungguh-sungguh, mau melatih jiwa melayani, mau mengambil peluang, rela mencari pengalaman, tetap memiliki peluang yang sama dalam mendapatkan penghasilan tinggi. Selamat mencoba!


Comments

Hotest Articles

5 Kesalahan Saat Berlibur di Bali

5 Alasan Batik Lebih Baik

Traveller Jaman Now Harus Jadi Mandiri

Contact Me

Name

Email *

Message *