5 Alasan Batik Lebih Baik



Batik merupakan kain bergambar yang termasuk salah satu pesona indonesia. Bagaimana tidak, keunikannya membedakan dengan batik dari negara lain. Demikian dengan proses pembuatannya, yang dilakukan dengan cara khusus. Yaitu menuliskan atau menerakan malam pada lembaran kain. Kali ini, saya ingin membahas lima alasan batik lebih baik.
1.     Warisan Budaya yang diakui dunia
Tanggal 2 Oktober 2009 merupakan hari bersejarah bagi batik indonesia. Pada tanggal tersebut, UNESCO menyatakan bahwa batik indonesia pantas menjadi warisan budaya dunia. Masyarakat Indonesia memaknai batik dari kelahiran hingga kematian. Sebuah kebanggaan bagi masyarakat Indonesia tentunya mengenakan warisan kemanusiaan untuk budaya Lisan dan Nonbendawi ini. Itulah sebabnya, kita memperingati hari batik nasional setiap tanggal 2 Oktober.  
Beyonce Pamer Batik Cirebon
Sumber: Pinterest
Berkaitan dengan industri pariwisata, batik telah  sukses menjadi salah satu something to buy yang sukses. Sedangkan proses pembuatan batik menjadi something to see sekaligus something to do dalam ittinary para wisatawan mancanegara. Selama saya menjadi guide, banyak yang berminat pada batik meskipun dalam rencana perjalanan mereka tak ada sama sekali.
Oleh karenanya, galeri-galeri batik  selalu ramai dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri saat musim liburan. Tak jarang, para wisatawan tersebut datang ke suatu daerah hanya untuk membeli batik. Bahkan selebritis dunia seperti Jessica Alba, penyanyi Beyonce, politikus Barack Obama, milyarder dunia Bill Gates pun bangga memamerkan pakaian batik mereka saat menghadiri acara bergengsi.
2.     Banyak Pilihan Motif   
Batik memiliki banyak pilihan motif. Motif parang, misalnya, akan mengingatkan anda pada huruf ‘S’ yang digambar maupun dicetak miring. Motif yang satu ini terbagi menjadi beberapa motif: parang rusak, parang barong, parang klithik, parang tudik, dan parang curigo. Selain itu, jika anda melakukan wisata Cirebon, anda akan menjumpai  motif khas Cirebon: Mega Mendung. Dimana anda akan dihalusinasikan oleh motif-motif awan yang memukau.
3.     Banyak Pilihan Model
Seiring perkembangan fashion, batik pun dimodifikasi fungsinya. Kalau dulu, batik hanya dikenakan untuk kalangan tertentu. Saat ini, batik telah dikenakan berbagai kalangan. Modelnya pun disesuaikan kebutuhan. Herannya, batik yang dikenakan di kalangan keraton tidaklah begitu saja hilang aura kesakralannya. Hal ini dapat dilihat di keraton Jogjakarta yang setia menjaga kesakralan batik dengan mengenakannya sesuai dengan acara.   

Bagi khalayak umum, batik dimodifikasi sebagai sesuai bahan baju. Untuk katun misalnya, batik dicetak T-shirt. Lalu untuk baju, bisa ditemukan kemeja batik untuk kantor, gamis, seragam sekolah, rok, blouse dan lain sebagainya.
4.     Banyak Pilihan Harga
Pilihan harga pun mulai dari yang murah hingga yang mahal. Mulai dari bawah seratus ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Tergantung kerumitan dan jenis kain bahan  batik. Misalnya, jenis batik tulis lebih mahal daripada batik cetak karena lebih rumit pengerjaannya. Demikian dengan batik sutera yang jelas lebih mahal dibanding dengan kain katun.
5.     Mudah didapatkan
Jika berminat membeli batik berkualitas, anda tidak perlu keluar rumah mencarinya. Sebab sekarang ada portal online BT Batik Trusmi yang melayani pembelian online aneka batik lengkap dengan petunjuk ukuran hingga cara perawatan.
 Bagaimana jika tidak cocok saat menerima barang? Tenang saja. Kita bisa menukarnya dengan ukuran yang lebih cocok. Prosesnya pun cukup mudah. Asalkan memenuhi kriteria syarat dan ketentuan yang berlaku, ya.
Anda akan menemukan banyak ragam batik di BT Batik Trusmi. Mulai yang tradisional, seperti batik parang, hingga batik kontemporer. Dari pakaian model kemeja sampai berbagai jenis  aksesoris. Soal harga, sangat sesuai. Ada yang dibawah seratus ribu rupiah, lho. Itu baru salah satu dari promo-promo lainnya. Masih ragu? Silahkan klik:  BTAlways Batik dan temukan batik favorit anda.




Comments

Hotest Articles

5 Kesalahan Saat Berlibur di Bali

Traveller Jaman Now Harus Jadi Mandiri

Contact Me

Name

Email *

Message *