Liburan di Taman Botani Sukorambi Jember : Dari ‘Dag Dig Dug’ Main Waterball Hingga Belajar Pertanian Modern


Jember makin rame! Oleh sebab itu,  dibangunlah tempat-tempat sebagai destinasi wisata. Salah satunya adalah Taman Botani Sukorambi. Ya, taman yang terletak di Jalan Mujahir, Sukorambi ini memang  destinasi wisata Jember yang wajib dikunjungi. Jaraknya dari pusat kota Jember hanya sekitar 10 menit saja. Berbagai sarana bermain, uji keterampilan hingga sarana belajar yang asyik dicoba tersedia di taman berluas 8 hektare ini.

1.      Waterball
Main Waterball, seru!!
Sumber: website Taman Botani Sukorambi
Sesuai dengan namanya, wahana bermain ini menggunakan bola plastik besar dan tebal. Para petugas akan senang sekali membantu kita untuk masuk ke dalam bola dan membuat bola berjalan di atas air hingga permainan usai. Sensasi yang dirasakan 'dag dig dug', mau tenggelam tapi tidak jadi, begitu seterusnya  sampai membuat kita teriak sambil tertawa-tawa seru di dalam bola.  Karena permainan ini mampu menguras tenaga,  tubuh musti  fit dan sebaiknya dilakukan saat cuaca tidak panas. 



2.      Flying Fox
Masih ingin uji adrenalin? Permainan  flying fox bisa dicobai.  Ada dua jenis flying fox di taman ini: Flying Fox Jungle dan Flying Fox Tombro. Beda di antara keduanya adalah tingkat adrenalin yang dipacu. Flying Fox Tombro  biasanya untuk pemula dan memiliki tingkat kemiringan yang tidak terlalu curam, hanya 15 derajat. Selain itu panjang tali untuk wahana ini hanya 100 meter. Sedangkan Flying fox Jungle lebih menantang. Kita bisa menikmati sensasi ‘dag dig dug’ melayang dilengkapi  dengan  alat pengaman tingkat tinggi dan tali sepanjang 160 meter pada ketinggian empat puluh meter di atas lembah serta pepohonan hijau. Wah, seru pastinya!

3.      Rumah Pohon
Santai sejenak di rumah pohon, seruuuu!
Sumber: website Taman Botani Sukorambi
Sudah letih dengan uji adrenalin? Saatnya bersantai atau sekadar selfie di rumah pohon. Rumah yang terletak 5 meter dari tanah ini menawarkan pemandangan yang pantang dilewatkan. Sayangnya rumah pohon ini tidak muat untuk banyak orang. Petugas akan membatasi 5 sampai enam pengunjung saja. Sebab itu, harus mengantri. Sabar, ya!

4.      Kolam Renang
Antrian naik rumah pohon bikin galau karena mengular panjang? Tenang, masih ada empat kolam renang untuk bersantai sambil berenang kesana-sini. Taman Botani Sukorambi memiliki banyak kolam renang: kolam untuk orang dewasa, kolam renang anak-anak,  untuk remaja, kolam renang pelangi  satu dan dua.  Bahkan, kolam renang untuk muslimah juga tersedia.

5.      Pondok Baca
Ini tempat favorit bagi yang suka membaca. Koleksi buku bacaan  mulai dari ilmu agama, ilmu pengetahuan hingga buku lainnya tersedia untuk pengunjung Taman Botani Sukorambi. Suasana yang tenang berpadu ruangan lantai atas dan dan dasar siap menyambut kita untuk menikmati bacaan.

6.      Belajar langsung dari Alam
Sebagai tempat belajar, taman botani Sukorambi tidak berhenti memberikan fasilitas  hanya sampai di pondok baca. Sebab  tidak semua orang suka dengan membaca dari buku, tetapi langsung dari alam. Sekitar 500  flora dan fauna yang tersebar di taman ini dapat menjadi bahan belajar untuk lebih mengenal alam kita.    Kita bisa mendapati aneka koleksi hewan hias dan hewan dilindungi. Tujuannya adalah memperkenalkan satwa-satwa ciptaan Tuhan yang  harus kita jaga kelestariannya.  

7.      Bunny and Friends Village
Bunny atau kelinci sudah dikenal di Indonesia sebagai hewan ternak sekaligus hewan piaraan. Tetapi, pernahkah kalian meluangkan waktu untuk mengamatinya perilaku mereka, mempelajari cara memelihara serta merawat hewan-hewan menggemaskan ini? Bunny and Friends Village salah satu tempat di Taman Botani Sukorambi untuk belajar mengenal kelinci. Terdapat ratusan kelinci yang siap menyambut kita, lho!

8.      Belajar Menanan Hidroponik dan Pembenihan Lobster
Belajar tentang teknik hidroponik, asyiiik!
Sumber: website Taman Botani Sukorambi
Dalam ilmu pertanian hidroponik memang bukan kata yang asing lagi. Namun, teknik pertanian dengan menggunakan media air (hydro dari hydrogen, nama senyawa air dalam ilmu kimia)  ini belum begitu populer di negeri kita. Hanya sebagian kecil masyarakat di Indonesia saja yang mengetahuinya.  Nah, kita pun berkesempatan untuk belajar bagaimana menanam sayuran, seperti selada dan sawi, menggunakan teknik ini. Selain itu, ada sembilan  kolam pembibitan ikan koi dan lobster yang siap  digunakan  sebagai sarana pembelajaran yang tertarik berbisnis ikan serta lobster. 

Sangat menarik, bukan? Taman Botani Sukorambi memang  taman sekaligus tempat bermain dan belajar yang harus dikunjungi saat di Jember. Harga tiket masuk terbilang murah, yaitu  mulai 12 ribu rupiah per orang. 

Sumber tulisaan: website  Taman Botani Sukorambi 
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger 


Comments

  1. asyik banget kmrn pas aku kesana gan, seru liburan dsna hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Hotest Articles

5 Kesalahan Saat Berlibur di Bali

5 Alasan Batik Lebih Baik

Traveller Jaman Now Harus Jadi Mandiri

Contact Me

Name

Email *

Message *